Resep Steamboat Kuah Tomyam Rumahan

Posting Komentar
Resep steamboat kuah tomyam rumahan, cocok disantap saat udara dingin
Resep Steamboat Kuah Tomyam

 

Resep steamboat kuah tomyam enak banget yang mudah dibuat di rumah. Makanan berkuah dengan beragam isian ini memang sangat cocok untuk menghangatkan badan saat cuaca dingin. Apalagi kalau kuahnya pakai kuah tomyam, rasa kuah yang segar berpadu dengan kelezatan aneka olahan ikan dan seafood siap menggoyang lidah.

Membuat steamboat rumahan itu sebenarnya gampang banget, karena sekarang sudah ada paket steamboat Cedea. Kemarin aku membeli paket Steamboat Cedea 500 gram di Sayurbox, isinya berupa olahan ikan dan bumbu dashi instan. Namun karena lidahku kurang cocok dengan bumbu dashi, aku berinisiatif membuat kuah sendiri yaitu kuah tomyam. Oh iya untuk resep steamboat cedea ada di belakang kemasan produk.

Alasan lain memilih resep steamboat rumahan dengan kuah tomyam ini tuh karena bumbu-bumbunya kebetulan ada di rumah. Tanpa menggunakan panci khusus, steamboat ala rumahan ini tetap bisa dinikmati kok. Aku hanya menggunakan panci yang biasanya untuk bikin sup di rumah. Resep rumahan menggunakan peralatan seadanya di rumah, yang penting hasilnya istimewa, ya kan?

Baiklah mari kita masuk ke resep steamboat kuah tomyam rumahan dibawah ini ya.

Steamboat  kuah Tomyam buatanku cocok untuk disantap saat hujan
Steamboat kuah Tomyam dengan bahan yang ada di rumah. dokpri


Resep Steamboat Kuah Tomyam

Bahan :

Aneka baso ikan 250 gram

Mie telur 100 gram

Sayuran sesuai selera, disini aku pakai selada romaine karena hanya itu yang ada di rumah

Seafood sesuai selera, disini aku nggak pakai karena tidak ada stoknya di rumah.

 

Bumbu :

Bawang putih 4 siung

Bawang merah 1 siung

Cabe keriting 3 buah

Cabe rawit 2 buah

Air 750 ml

Minyak 3 sdm

Minyak ikan ½ sdm

Minyak wijen 1 sdm

Serai 1 batang

Lengkuas 1 ruas jari

Daun jeruk 4 lembar

Lemon ½ buah, peras airnya

½ sdt merica

1 ½ sdt garam

1 ½ sdt gula pasir

1 ½ sdt kaldu ayam/ kaldu jamur

 

Cara Membuat Steamboat Kuah Tomyam

Pertama, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit. Disini aku menghaluskan bumbunya menggunakan blender karena males ngulek pakai cobek.

Setelah itu panaskan panci dan tumis bumbu dengan 3 sdm minyak. Setelah tercium wangi bumbu dan matang kemudian masukkan 750 ml air.

Selanjutnya masukkan lengkuas, serai, daun jeruk, kecap ikan, minyak wijen, perasan jeruk lemon, gula, garam, merica dan kaldu bubuk ke dalam panci. Kemudian tunggu sampai kuah mendidih, lalu masukkan aneka bakso ikan dan mie telur.

Bagian terakhir adalah masukkan sayuran sebentar saja lalu steamboat kuah tomyam siap disajikan. Nah untuk perasa asam pada kuah tomyam bisa juga menggunakan perasan jeruk nipis atau air asam jawa.

Steamboat kuah tomyam bisa dibuat pakai panci biasa
Menggunakan panci sop untuk membuat Steamboat Kuah Tomyam. dokpri


Mudah sekali kan untuk membuat steamboat kuah tomyam rumahan? Apalagi kalau disantap ketika cuaca dingin, pasti cocok banget dan dijamin nggak berhenti ngunyah. Kalau teman-teman sudah pernah bikin steamboat di rumah belum? Ceritain di kolom komentar ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Niken Nawang Sari
Indonesian lifestyle blogger, Mom and Housewife. Suka nyobain resep masakan dan bikin kue. Kadang juga suka jalan-jalan ke tempat bersejarah yang ada kucingnya.
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar