3 Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG Untuk Keluarga

Posting Komentar

 

Ayam goreng pakai tepung Kobe Serbaguna Premium buatanku
Ayam goreng pakai tepung Kobe Serbaguna Premium buatanku. Dokpri


Kumpulan resep masakan sehat Tanpa MSG sudah menjadi andalanku sejak lama. Apalagi waktu si kecil sudah mulai makan masakan yang sama dengan kami, otomatis resep masakan yang dihidangkan harus masakan sehat.

Seperti yang kita ketahui, MSG (monosodium glutamate) akan memberikan rasa yang lebih gurih dan lezat pada masakan. Namun penggunaanya yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh, jadi kita harus membatasi penggunaanya.

Sebagai seorang ibu, aku ingin selalu menyajikan masakan sehat dan lezat untuk keluarga. Salah satu masakan kesukaan keluarga kami adalah olahan ayam. Resep masakan Indonesia berbahan utama ayam tentunya sudah banyak. Namun untuk menyajikan olahan ayam menjadi masakan sehat yang tanpa micin dan tanpa msg itu adalah sebuah tantangan.

Nah akhir-akhir ini si kecil suka minta dimasakin ayam goreng yang kriuknya tahan lama. Masalahnya aku sering khawatir dengan kandungan MSG pada tepung bumbu tersebut.

Dilansir dari artikel yang ditulis oleh Sri Wahyuni, S.KM  (dipublikasikan oleh Program Pascasarjana Universitas Jember), konsumsi MSG secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah untuk anak.  Usia anak yang dalam masa pertumbuhan lebih sensitif terhadap MSG dibanding orang dewasa.

3 Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG untuk Keluarga

Tepung Kobe Serbaguna Premium Tanpa MSG, cocok untuk masakan sehat
Tepung Kobe Serbaguna Premium ukuran 200 gram. Dokpri


Beruntung sekali sekarang aku sudah menemukan  Tepung Kobe Serbaguna Premium non MSG yang aman untuk dikonsumsi keluarga. Daripada bingung resepnya, aku juga tidak lupa untuk mengunjungi resep Dapur Kobe sebagai insiprasi. Nah kumpulan resep masakan sehat tanpa MSG yang mudah dan praktis untuk keluarga, sudah aku tuliskan dibawah ini ya.

 

Ayam Dadu Crispy non MSG

Source : Dapur Kobe


Bahan :

Ayam fillet 300 gram

Tepung Kobe Serbaguna Premium non MSG 200 gram

Minyak Goreng secukupnya

Air 350 ml


Cara Membuat :

Langkah pertama ayam dicuci bersih kemudian dipotong dadu.

Masukkan Tepung Kobe Serbaguna Premium ke dalam wadah kemudian ditambahkan 350 ml air.

Panaaskan minyak goreng, celupkan ayam ke dalam adonan basah kemudian goreng di minyak panas.

Setelah berwarna kecoklatan segera angkat ayam gorengnya dan sajikan.

 

Ayam Goreng non MSG

Ayam Goreng non MSG buatanku, menggunakan tepung Kobe Serbaguna Premium. 


Bahan :

Ayam

Tepung Kobe Serbaguna Premium 200 gram

Air 100 ml

Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat :

Langkah pertama potong dan cuci ayam sesuai selera, kemudian rendam dalam air 100 ml.

Setelah itu tuangkan tepung Kobe Serbaguna Premium ke dalam wadah yang kering.

Masukkan ayam ke dalam tepung kering, cubit-cubit sedikit agar tepung menempel.

Panaskan minyak, setelah minyak panas segera masukkan ayam ke dalam minyak.

Angkat ayam goreng setelah berwarna kuning keemasan atau golden brown.

Ayam goreng non msg siap disajikan.

 

Ayam Terasi Goreng Crispy

Source : Dapur Kobe


Bahan :

Paha ayam bagian atas 4 buah

Jeruk nipis 1 buah

Tepung Kobe Serbaguna Premium 70 gram

Terasi 1,5 sdm

Sejumput garam

Bawang putih 1 siung

Merica bubuk 2 gram

Jahe 2 cm, haluskan

Minyak wijen ½ sdm

Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat :

Paha ayam dicuci bersih, kemudian beri perasan jeruk nipis dan tiriskan. Masukkan ke wadah lain untuk bumbu marinasi ayam yaitu  bawang putih, jahe, minyak wijen, merica, garam dan terasi kemudian aduk rata. Masukkan paha ayam ke dalam bumbu marinasi dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu gulingkan paha ayam ke dalam tepung Kobe Serbaguna Premium dan panaskan minyak. Setelah minyak panas, goreng paha ayam sampai kecoklatan. Angkat ayam terasi goreng crispy dan sajikan untuk keluarga di rumah.

 

Tepung  Kobe Serbaguna Premium Tanpa MSG, Menjadikan Masakan Tetap Lezat

Waktu pertama kali membuat ayam crispy menggunakan tepung Kobe Serbaguna Premium, ternyata rasanya lezat walaupun tanpa kandungan MSG. Bahkan si kecil tidak ragu-ragu untuk berkomentar, “ ayam crispynya enak banget lho Ma. Besok bikini lagi ya? Masak enak, masak lezat. “ Akupun setuju dengan komentar si kecil, saat ayam crispy digigit tuh rasanya renyah dan lezat, ditambah wangi bumbunya yang menggugah selera makan, dijamin pasti nambah lagi deh.Keluargaku jadi cinta tanpa micin nih.

Setelah selesai makan, aku mulai kepo nih sama komposisi tepung Kobe Serbaguna Premium. Usut punya usut ternyata kelezatan yang aku nikmatin tuh dihasilkan dari perpaduan rempah pilihan, seperti bawang putih, bawang Bombay, daun bawang, lada hitam  dan ketumbar. Perpaduan rempah ini memberikan cita rasa lezat dan harum pada makanan yang menggunakan tepung kobe serbaguna premium.

Pada bagian komposisi, tertulis bahan tepung Kobe Serbaguna Premium adalah tepung terigu dan tapioca yang membuat tekstur makanan akan lebih renyah. Jadi tepung ini cocok sekali untuk membuat makanan yang digoreng seperti ayam, tahu, tempe, seafood, jamur dan sebagainya.

Tepung Kobe Serbaguna Premium juga mengandung zat besi, serat pangan, vitamin B2, vitamin B9 dan mineral Zinc. Nggak sampai situ aja sih, ternyata tepung Kobe Serbaguna Premium dibuat tanpa pewarna sintetis dan pengawet. Jadi ibu-ibu seperti aku nggak perlu khawatir lagi untuk menggunakan tepung Kobe Serbaguna Premium dalam setiap masakan yang digoreng.

Oh iya untuk mendapatkan Kobe tepung bumbu ini tuh nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya hanya sekitar 8000 saja untuk kemasan 200 gram. Kalau untuk kemasan 70 gram tentunya lebih murah lagi dong. Tepung Serbaguna Premium juga mudah didapatkan kok, kemarin beli di minimarket dekat rumah. Tapi kalau lagi males ke minimarket, tepung Kobe Serbaguna Premium juga bisa didapatkan secara online di Kobe Official Store lewat marketplace favoritmu yaitu  Tokopedia dan Shopee lho. 

Jadi tunggu apalagi, yang udah kebayang ayam crispy kresss kressss berbumbu rempah yuk segera dibikin aja pakai tepung Kobe. Jangan lupa kunjungi dapur kobe untuk mendapatkan inspirasi resep masakan Indonesia lainnya ya.

Niken Nawang Sari
Indonesian lifestyle blogger, Mom and Housewife. Suka nyobain resep masakan dan bikin kue. Kadang juga suka jalan-jalan ke tempat bersejarah yang ada kucingnya.

Related Posts

Posting Komentar