Cara Membuat Donat Anti Gagal Empuk Untuk Pemula

Posting Komentar

 

Cara membuat donat empuk anti gagal untuk pemula, bisa jadi ide jualan.
Donat dengan toping coklat kacang buatanku. Dokpri

Donat seringkali jadi teman favorit saat menikmati kopi atau teh. Varian donat dan harganya pun sangat beragam, mulai dari yang homemade sampai yang premium pasti ada. Kalau mau bikin sendiri, nih aku kasih tau cara membuat donat anti gagal yang empuk dan cocok untuk pemula. Resep donat anti gagal empuk ini juga biasanya buat aku jualan loh.

Sebelum masuk ke resepnya, aku minta maaf dulu karena resep ini tidak aku konversikan menggunakan sendok. Alasannya karena nanti takarannya kurang pas dan hasilnya kurang memuaskan. Jadi sebaiknya memang tersedia timbangan digital, gelas ukur dan sendok takar. Ketiga alat ini bisa didapatkan di e-commerce favorit dengan harga yang terjangkau kok. Selain itu bisa buat investasi alat di dapur juga karena fungsinya tidak hanya untuk menimbang adonan donat.

 

Resep Donat Anti Gagal Empuk

Bahan :

  • Terigu 250 gr (boleh terigu protein sedang, protein tinggi atau mix keduanya)
  • Gula pasir 45 gr
  • Ragi 5 gr 
  • Kuning telur 1 butir + air  jumlahnya 150 ml
  • Bread improver 1gr (optional)
  • Baking powder 1 gr
  • Vanili 1 gr (optional)
  • Garam 1 gr
  • Margarin 30 gr
  • Minyak goreng 250-300 ml

 

Cara Membuat Donat Anti Gagal Untuk Pemula

Pertama, masukkan bahan kering seperti terigu, gula, ragi, bread improver, baking powder dan vanili dalam satu wadah kemudian aduk sampai rata. Terigu yang aku pakai biasanya campuran antara terigu protein sedang (merk segitiga biru) 200 gram dan terigu protein tinggi (merk Cakra Kembar) sebanyak 50 gram. Tapi kalau tidak ada terigu protein tinggi, aku pakai full protein sedang juga hasilnya tetap bagus.

Kedua, masukkan air dan telur ke dalam gelas ukur, lalu aduk rata. Campuran telur dan air ini selanjutnya dimasukkan ke wadah yang berisi bahan kering dan diuleni sampai tercampur rata. Untuk menguleni adoanan bisa pakai tangan atau mixer, tapi kalau aku sih biasanya pakai tangan aja sambal cek kelembaban tepung terigu.

Ketiga,masukkan margarin dan garam ke dalam adonan kemudian dimixer dengan kecepatan rendah secara bertahap, sampai ke kecepatan tinggi. Adonan dimixer sampai kalis elastis ya, tanda-tanda kalis elastis tuh jika adonan dibentangkan tidak mudah sobek. Oh iya, aku pakai mixer merk Miyako biasanya butuh waktu sekitar 8-10 menit supaya adonan kalis elastis.

Keempat, setelah adonan kalis elastis kemudian ditimbang dulu. Biasanya berat adonan menjadi sekitar 470-480 gram. Adonan ini kemudian dipotong timbang, untuk resep jualan biasanya aku potong timbang masing-masing adonan sebanyak 20 gr sehingga akan menjadi 24 pcs.

Kelima, adonan dibulatkan satu per satu atau dikenal dengan istilah dirounding, kemudian taruh diatas wadah yang sudah diolesi terigu dan biarkan proofing dalam wadah tertutup selama 30 menit. Tujuan wadahnya diolesi terigu supaya adonan tidak menempel saat akan diangkat untuk digoreng. Setelah 30 menit, pipihkan adonan donat dengan menekan adonan secara perlahan dan bagian tengh adonan dibolongin menggunakan tutup botol. Biasanya aku pakai tutup botol bekas handsanitizer spray.

Keenam, adonan yang sudah dibolongin lanjut diproofing lagi minimal 15 menit supaya mengembang maksimal.  Sambil menunggu adonan mengembang maksimal, bisa menyiapkan wajan dan mulai panaskan minyak menggunakan api sedang cenderung kecil.

Ketujuh atau yang terakhir adalah masukkan adonan donat ke dalam minyak yang sudah panas, tunggu sekitar 2 menit kemudian balik adonan 1x saja. Jika donat sudah kecoklatan segera diangkat dan tiriskan dalam cooling rack.  Jika ingin donatnya tidak banyak menyerap minyak, bisa menggunakan minyak padat seperti merk Filma.

FYI, untuk topingnya bebas aja sesuai selera namun jika mau digunakan untuk jualan harga topingnya harus dihitung dengan cermat. Biasanya aku menggunakan toping berupa dark cooking chocolate (DCC) yang dilelehkan kemudian ditaburi meses,hanya diberikan toping berupa taburan gula donat atau diberi toping keju.

pssst, resep ini juga bisa dicoba untuk bikin pizza mini dan roti sobek juga. 😁

Nah itu tadi resep donat anti gagal tanpa kentang yang empuk, bisa buat ide jualan dan cocok dipraktekkan untuk pemula karena bahan-bahannya mudah didapatkan. Donat empuk ini bisa bisa bertahan 2 hari setelah dikemas menggunakan plastik, tetapi kalau untuk jualan saran aku sih harus fresh setiap hari. Terima kasih sudah membaca resep ini, semoga bermanfaat ya.

Niken Nawang Sari
Indonesian lifestyle blogger, Mom and Housewife. Suka nyobain resep masakan dan bikin kue. Kadang juga suka jalan-jalan ke tempat bersejarah yang ada kucingnya.

Related Posts

Posting Komentar