Tips Goreng Ikan Anti Meledak

1 komentar
ikan goreng menu favorit keluarga. dok : Hai bunda

Ikan goreng seringkali jadi menu favorit keluarga,namun untuk menggoreng ikan ini yang seringkali jadi PR. Sebagai ibu rumah tangga yang tiap hari harus memikirkan menu masakan untuk disajikan untuk keluarga di rumah, lauk tentunya harus bervariasi. Kan nggak mungkin tiap hari olahan ayam melulu, sekali-kali bisa dong diganti ikan goreng, seafood dan sumber protein hewani lainnya.

Beberapa waktu yang lalu, si kecil menginginkan ikan goreng. Kami akhirnya berjalan kaki bersama ke pasar yang tidak jauh dari rumah dan membeli ikan kembung seharga Rp 35000 per kg. Sesampainya di rumah, ikan langsung aku bersihkan sebersih-bersihnya. Aku sendiri pernah membenci olahan ikan karena bau lumpur dan bau amis, jadi sampai sekarang kalau bersihinikan harus bener-bener bersih supaya tidak bau lumpur atau bau amis. Sisa insang dan isi perut ikan dibuang, sisa sisik yang masih menempel juga dibersihkan. Setelah itu, aku mempersiapkan bumbu untuk ikan goreng yaitu jahe, kunyit, bawang putih, dan garam yang dihaluskan menggunakan blender.

Tips Menggoreng Ikan Anti Meledak

ikan kembung dibaluri maizena
ikan kembung yang aku goreng dibaluri maizena. dokumen pribadi

Ledakan saat menggoreng ikan tuh sangat menjengkelkan, tapi setelah melihat berbagai cara menggoreng ikan di youtube, aku menyimpulkan beberapa tips goreng ikan anti meledak seperti dibawah ini.

  1. Ikan yang sudah dicuci bersih, dikeringkan terlebih dahulu pakai tissue seperti yang sering dilakukan Chef Devina Hermawan di channel youtubenya. Kemudian ikan dibaluri dengan bumbu, marinasi beberapa saat kemudian goreng di minyak panas.
  2. Ikan yang sudah dicuci bersih, dibaluri bumbu, kemudian ditaburi dengan tepung maizena seperti yang dilakukan oleh channel youtube Indocullinaire Hunter. Setelah itu langsung digoreng di minyak panas. Pastikan tepung maizenanya menutup permukaan ikan terutama pada bagian mata supaya ikan tidak meledak saat digoreng. Kelebihan menggoreng ikan pakai maizena ini tentu saja hasilnya kriuk tahan lama.
  3. Ikan yang sudah dicuci bersih, dibaluri bumbu dan digoreng pada minyak panas lalu ditutup. Tapi ini beresiko saat membalik ikan, takut kena cipratan air yang ada di tutupnya lalu meledak.

Seperti yang sudah kita ketahui, ikan adalah protein hewani yang bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh kita. Tips menggoreng ikan anti meledak sangat membantuku menyajikan ikan goreng untuk keluarga. Apakah kamu pernah menggoreng ikan pakai salah satu tips diatas? Atau punya tips lain supaya menggoreng ikan lebih aman? Bagikan di kolom komentar ya.


Niken Nawang Sari
Indonesian lifestyle blogger, Mom and Housewife. Suka nyobain resep masakan dan bikin kue. Kadang juga suka jalan-jalan ke tempat bersejarah yang ada kucingnya.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

1 komentar

  1. Dulu waktu ngekost aku mempraktikkan poin no 3. Tapi tetep meletup dikit dan kena minyak dikit. Klo praktekin no 2, amanlah hehe

    BalasHapus

Posting Komentar